Inilah Smartphone Android Nokia Yang Akan Rilis Tahun 2017

NGEBLOGNEWS.COM - Pihak Nokia tahun ini akan merilis banyak smartphone terbaru miliknya. Dikabarkan ada 6 atau bahkan ada 7 perangkat Android yang lahir tahun ini. Tiga di antaranya, yakni Nokia 3, 5 dan 6 telah rilis. Sementara Nokia 7,8 dan 9 akan segera dirilis secara gradual di semester kedua 2017.

nokia

Semua smartphone Nokia akan ada dalam kelas yang berbeda, yang terdiferensiasi oleh teknologi dan harga. Satu-satunya kesamaan di antara semua perangkat ini adalah, kesemuanya berjalan di sistem operasi Android Nougat. Nokia pun menjanjikan pembaruan keamanan di setiap bulannya.

Berikut berbagai smartphone android Nokia yang akan rilis tahun 2017.

1. Nokia 3

Nokia 3 adalah perangkat Android entry level yang mengusung desain polycarbonat dan bingkai aluminum, dengan layar HD 5 inci yang diproteksi oleh Gorilla Glass. Mengusung dua buah kamera 8MP di depan dan belakang, smartphone ini dimotori oleh chipset quad-core MediaTek, dipadu dengan RAM 2GB. Kapasitas baterai 2650mAh sudah cukup untuk membuat smartphone ini tahan seharian.

Nokia 3
Nokia 3

Dari segi desain, kemewahan merek Nokia sudah terpancar dari smartphone ini. Desain metal dan bingkai aluminum membuat desainnya terkesan 'bersih.' Smartphone ini akan dibanderol setara 1,9 juta Rupiah. Angka yang cukup terjangkau untuk smartphone low-end.

2. Nokia 5

Nokia 5 punya kelas yang agak di atas ketimbang Nokia 3, meski diposisikan sama-sama smartphone entry-level dengan banderol murah. Mempunyai layar 5.2inci, dimotori Snapdragon 430 dengan RAM 2GB dan storage 16GB, kamera belakang 13MP dan juga baterai 3.000mAh. Smartphone ini akan dibanderol dengan harga setara 2,6 juta Rupiah.

Nokia 5
Nokia 5

Keunggulan utama dari Nokia 3 dan juga Nokia 5 adalah keduanya sudah akan mengusung Android 7.0 Nougat, sehingga berbagai manfaat seperti multitasking dan efisiensi baterai bisa teraplikasi di smartphone ini. Sama seperti Nokia 3, smartphone ini akan muncul dengan varian warna Silver White, Matte Black, Tempered Blue dan Copper White.

3. Nokia 6

Nokia 6 adalah smartphone paling bertenaga yang dimiliki Nokia sebelum Nokia 7,8, dan 9 rilis. Nokia 6 memiliki bentang layar 2.5D 5.5 inci dengan resolusi Full HD atau 1080 x 1920. Layar ini diproteksi oleh Corning Gorilla Glass. Smartphone ini dimotori oleh Snapdragon 430 dengan octa-core CPU dan kartu grafis Adreno 505 GPU. 4 GB RAM dipadu dengan 64 GB storage akan menyokong performa smartphone ini.

Nokia 6
Nokia 6

Dari sisi kamera, smartphone ini usung 16 MP kamera belakang dengan PDAF laser auto focusing, dan 8 MP kamera depan. Keduanya memiliki bukaan f/2.0.

Spesifikasi ini terhitung cukup baik, namun aspek chipset cukup mencuri perhatian. Jika dilihat dari keseluruhan aspek, Nokia sepertinya memposisikan Nokia 6 di kalangan smartphone papan tengah, namun Nokia 6 menggunakan SD 430 yang lebih lumrah diusung smartphone low-end. Namun tentu Nokia punya cara tertentu agar smartphonenya bisa berjalan mulus layaknya kualitas mid-range, salah satunya dengan octa-core yang diusung chipsetnya.

Smartphone ini akan mengusung Quick Charge 3.0 yang dapat mengisi baterai 4 kali lebih cepat ketimbang pengisian daya konvensional. Selain itu akan ada sensor pemindai sidik jari yang telah lazim ada di smartphone mid-range.

Nokia 6 juga tak kehilangan kesan stylish namun ergonomis yang selalu diusung smartphone asal Finlandia tersebut di setiap perangkatnya. Meski demikian, sentuhan Nokia akan sedikit terkikis karena ada sedikit campur tangan dari HMD dalam hal desain.

4. Nokia 7 dan 8

Nokia 7 dan Nokia 8 digadang-gadang merupakan smartphone papan tengah, namun sedikit lebih bertenaga ketimbang Nokia 6. Dimotori Qualcomm Snapdragon 660, tentu kehadiran dua smartphone ini akan menantang berbagai jajaran smartphone papan tengah seperti Oppo F3 Plus, Vivo V5 Plus, Redmi Note 4, Zenfone generasi selanjutnya, hingga Moto G5.

nokia 7 dan 8
Konsep Nokia 7 dan 8

Perbedaan antara Nokia 7 dan Nokia 8 diduga terletak di aspek layar. Sementara penggunaan panel masih belum diketahui, namun Nokia 7 akan mengusung resolusi Full HD dengan 1080p, sementara Nokia 8 akan mengusung Quad HD dengan 1440p.

Dari segi kamera, dirumorkan Nokia akan bekerja sama dengan Carl Zeiss, perusahaan optik yang telah sering berkolaborasi dengan Nokia sejak lama.

5. Nokia 9

Nokia 9 adalah varian premium dari seri Nokia 2017 ini. Akan bersaing dengan Samsung Galaxy S8, LG G6, Xperia XZ Premium dan banyak lagi flagship 2017 lain, Nokia 9 akan mengusung Snapdragon 835 dipadu RAM 6GB. Nokia 9 akan mengusung bentang layar 5.5 inci dengan resolusi Quad HD atau 1440p.

nokia 9
Konsep Nokia 9

Segi kamera adalah aspek yang menarik, karena Nokia 9 diharapkan mengusung kamera Carl Zeiss dengan resolusi 22MP dengan PDAF untuk kamera belakang, serta 12MP untuk kamera depan.

Dari segi fitur, akan terdapat OZO audio, yang merupakan teknologi audio 360 derajat, anti air dan anti debu dengan sertifikasi IP68, serta mengusung baterai berkapasitas 3.800mAh.
Powered by Blogger.