Loading...

8 Manfaat Buah Kiwi Untuk Kesehatan

Sponsored Ad
Ngeblognews.com - Kiwi adalah sejenis buah beri yang dapat dimakan dari tanaman merambat berkayu dalam genus Actinidia. Actinidia asli berasal dari Shaanxi, Tiongkok.

Buah kiwi yang normal berbentuk oval, kira-kira sebesar telur ayam (5–8 cm / 2–3 in dan diameter 4.5–5.5 cm / 1¾–2 ). Buah ini kaya serat, kulit berwarna hijau-kecokelatan dan daging buah berwarna hijau terang atau keemasan dengan biji kecil, hitam, dan bisa dimakan. Tekstur buah ini sangat halus dan rasanya yang unik, saat ini buah kiwi sudah ditanam di berbagai negara.

Buah ini awalnya bernama Gosberi Cina, buah ini dinamai kembali dengan alasan ekspor marketing pada tahun 1950-an, menjadi melonette, kemudian kiwi. Nama buah ini berasal dari kiwi — burung yang tak bisa terbang dari Selandia Baru.

8 Manfaat Buah Kiwi Untuk Kesehatan
Buah Kiwi

Berikut ini beberapa 8 manfaat buah kiwi untuk kesehatan :

1. Membantu pencernaan dengan enzim
Kiwi mentah mengandung actinidain, enzim protein larut yang bisa membantu mencerna makanan lebih baik seperti papain dalam pepaya atau bromelain pada nanas.

2. Membantu mengelola tekanan darah
Tingkat tinggi kalium dalam kiwi membantu menjaga keseimbangan elektrolit dengan menangkal efek natrium.

3. Melindungi dari kerusakan DNA
Sebuah studi oleh Collins, Horska dan Hotten menunjukkan bahwa kombinasi unik antioksidan dalam kiwi membantu melindungi sel DNA dari kerusakan oksidatif. Beberapa ahli menyimpulkan ini bisa membantu mencegah kanker.

4. Meningkatkan kekebalan
Tingkat tinggi vitamin C dalam kiwi bersama dengan senyawa antioksidan lainnya telah terbukti meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

5. Menurunkan berat badan
Indeks glikemik rendah dalam kiwi dan kandungan serat yang tinggi berarti tubuh Anda tidak akan membuat insulin terlalu cepat.

6. Membantu membersihkan racun
Serat fuzzy kiwi membantu mengikat racun dari usus Anda.

7. Membantu memerangi penyakit jantung
Makan 2-3 kiwi sehari telah terbukti mengurangi potensi pembekuan darah sebesar 18 persen dan mengurangi trigliserida sebesar 15 persen.

Banyak orang mengambil aspirin untuk mengurangi pembekuan darah, tapi ini menyebabkan banyak efek samping termasuk peradangan dan pendarahan usus. Buah kiwi memiliki manfaat antipembekuan yang sama tanpa efek samping.

8. Cocok untuk penderita diabetes
Kiwi rendah indeks glikemik, yang berarti tidak menaikkan gula darah dengan cepat. Kiwi memiliki beban glikemik empat yang berarti aman bagi penderita diabetes
Powered by Blogger.