Formasi CPNS 2014 Seluruh Indonesia

Ngeblognews.com - Pendaftaran CPNS 2014 dan Formasi CPNS 2014 sudah resmi dibuka oleh Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi dalam rangka untuk melakukan seleksi rekrutmen calon pegawai negeri sipil 2014 ini. Seperti halnya apa yang diungkapkan oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Azwar Abubakar kuota CPNS 2014 lebih besar dibanding periode tahun anggaran 2013. Alasannya adalah banyak kuota CPNS baru di tahun 2013 yang tidak terisi.

Sistem seleksi CPNS 2014 dengan sistem CAT

Data terbaru KemenPAN-RB menyebutkan, ada 30 kementerian, 38 lembaga, 28 provinsi, dan 372 kabupaten/kota yang akan mengadakan seleksi CPNS tahun ini. Pada tahap awal, instansi yang diumumkan rincian Formasi CPNSnya adalah instansi pusat (Kementerian dan Lembaga Non Kementerian).

Cara Daftar CPNS 2014 adalah pelamar kunjungi situs panselnas.menpan.go.id kemudian pilih menu formasi CPNS 2014, kemudian kita akan dihadapkan dengan pilihan formasi yang akan anda lamar seperti dibawah ini antara lain :
  • Formasi Nasional CPNS 2014 terdiri dari formasi K/L (Kementerian dan Lembaga).
  • Formasi di Instansi Pemerintah Provinsi/Kabupaten/Kota.
  • Untuk saat ini baru instansi pusat saja yang bisa dilakukan pendaftaran karena formasi untuk instansi daerah belum di masukan dalam portal panselnas. Setelah memilih formasi mana yang akan dilamar anda akan dihadapkan dalam rincian formasi cpns tiap instansi dan silakan dilihat dengan teliti kualifikasi mana yang sesuai dengan jurusan serta pendidikan anda, setelah itu silakan scroll sampai bawah kemudian akan ada tulisan Apabila sudah memahami dan menyetujui pilihan ini, silahkan melanjutkan ke Formulir Registrasi.
  • Formulir Registrasi beralamat di regpanselnas.menpan.go.id dimana ini merupakan formulir registrasi CPNS 2014 secara global, dimana anda diminta untuk memasukan data sesuai dengan yang diminta seperti gambar dibawah ini setelah selesai tinggal dipencet tombol kirim.


Berikut ini adalah formasi yang informasinya sudah tersedia sampai saat ini dan silahkan anda klik linknya :

A. Formasi Nasional  CPNS 2014 terdiri atas 71 (tujuh puluh satu) Kementerian/Lembaga.

1. Kementerian Koordinator - 3 (tiga) kementerian
2. Kementerian - 27 (dua puluh tujuh) kementerian
3. Lembaga Pemerintah Non Kementerian - 28 (dua puluh delapan) lembaga
4. Lembaga Negara - 2 (dua) lembaga & Sekretariat Lembaga Negara - 8 (delapan) lembaga

B. Formasi Daerah terdiri atas 439 (empat ratus tiga puluh sembilan) instansi, yaitu 28 (dua puluh delapan) Pemerintah Provinsi dan 411 (empat ratus sebelas)

Pemerintah Kabupaten/Kota.

1. Pulau Sumatera dan sekitarnya - 10 (sepuluh) provinsi
2. Pulau Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara - 9 (sembilan) provinsi
3. Pulau Kalimantan - 5 (lima) provinsi
4. Pulau Sulawesi - 6 (enam) provinsi
5. Papua dan Kepulauan Maluku - 4 (empat) provinsi


C. Anda juga bisa lihat lebih lengkapnya dilink dibawah ini:


P E N T I N G :
1. UJIAN DENGAN C.A.T.: Seleksi Penerimaan CPNS 2014 secara Nasional dilaksankan dengan ujian/test menggunakan C.A.T. (Computer Assisted Test). Info dapat dibaca di Website Kemenpan & RB (http://www.menpan.go.id/berita-terkini/1513)

2. PERSYARATAN UMUM: Sebagaimana diatur dalam PP Nomor 11 Tahun 2002 tentang Pengadaan Pegawai Negeri Sipil, serta memenuhi persyaratan kualifikasi pendidikan sesuai lowongan formasi yang diminati.

3. PERSYARATAN KHUSUS/TAMBAHAN : Terdapat instansi tertentu yang menambahkan persyaratan khusus. Untuk itu, harap dibaca secara cermat dan teliti.

4. ALAMAT E-MAIL: Seleksi Penerimaan CPNS 2014 hanya dapat diikuti melalui tahap pendaftaran di Portal ini, untuk itu calon pendaftar wajib memiliki alamat surat elektronik yang masih berlaku (email).

5. PENGISIAN DATA PRIBADI HARUS AKURAT: Semua informasi/data pribadi yang diisikan dalam formulir pendaftaran disini harus akurat, benar dan dapat dipertanggung jawabkan untuk menghindari hal-hal yang dapat merugikan diri sendiri atau merugikan pihak lain serta diberikannya sanksi hukum dikemudian hari. Calon peserta hanya dapat mendaftar 1 (satu) kali di portal ini (hanya mempunyai 1 kali kesempatan mengikuti test di salah satu instansi).

Calon peserta dapat memilih 3 (tiga) formasi jabatan, yang kualifikasi pendidikannya sama pada instansi yang telah diputuskan/dipilih oleh calon peserta.

6. CERMAT dan TELITI : Harap mencermati setiap keterangan/instruksi/pemberitahuan/peringatan yang muncul di halaman-halaman pendaftaran ini.

7. GRATIS : Penerimaan CPNS Tahun 2014 tidak dipungut biaya mulai dari pendaftaran s/d pengumuman hasil kelulusan.
Powered by Blogger.