5 Manfaat Jeruk Nipis Untuk Kesehatan

Sponsored Ad
Jeruk Nipis
ilustrasi


Ngeblognews.com - Selama ini jeruk nipis digunakan sebagai penambah rasa asam pada beberapa jenis makanan. Namun, rupanya jeruk nipis juga menyimpan segudang manfaat bagi kesehatan, antara lain:

1. Kandungan vitamin C dan flavonoid pada jeruk nipis mengandung antibiotik dan disinfektan yang dapat mengurangi bau badan tak sedap pada tubuh.

2. Jeruk nipis mengandung segudang vitamin C yang bermanfaat saat tubuh kekurangan vitamin C. Kekurangan vitamin C dapat menyebabkan bibir pecah-pecah, flu, gusi bengkak dan berdarah, serta sariawan.

3. Flavonoid dan vitamin C adalah antioksidan alami yang dimiliki jeruk nipis. Jika dikonsumsi atau dioleskan pada kulit, jeruk nipis dapat menyegarkan kulit, membuat kulit tampak bercahaya, dan memberikan perlindungan dari infeksi. Saat dioleskan langsung ke kulit, keasaman jeruk nipis bisa mengangkat kulit mati, mengurangi ketombe, ruam, dan memar pada kulit.

4. Jeruk nipis memiliki kandungan asam folat dan potasium yang dapat membantu proses metabolisme tubuh.

5. Jeruk nipis mengandung zat aktif bernama naringenin. Zat semacam antioksidan yang memberikan rasa pahit pada kulit jeruk ini membantu mempertahankan berat badan ideal dan meningkatkan sensitivitas insulin. Sistem kerja naringenin hampir sama dengan obat penurun lipid yaitu rosiglitazone dan fenofibrate yang biasanya digunakan untuk terapi diabetes.

Powered by Blogger.