Penyebab Bus Gandeng Trans Jakarta Terbela

Ngeblognews.com - Bus gandeng Trans Jakarta, Koridor 11 (Kampung Melayu-Pulogebang), yang patah di Jalan Bekasi Timur, arah Cipinang, dekat flyover Jatinegara, Jakarta Timur, Kamis (7/8/2014) siang, diduga karena jalan rusak.

Seperti yang diakui oleh mekanik yang khusus menangani perawatan bus di Koridor 11 (Kampung Melayu-Pulogebang), Ahmad.

Bus Gandeng Trans Jakarta Terbela

"Baut-baut bus gandeng sebelumnya juga pernah patah. Ini akibat jalan-jalan di koridor yang banyak rusak," kata Ahmad ditemui Warta Kota, saat memperbaiki bus bus gandeng Transjakarta yang patah, Koridor 11 (Kampung Melayu-Pulogebang), di Jalan Bekasi Timur, arah Cipinang, dekat flyover Jatinegara, Jakarta Timur, Kamis (7/8/2014) siang.

Jalan yang rusak tersebut, lanjut Ahmad, membuat getaran yang cukup kuat pada pengait sambungan badan bus. Akibatnya, baut-baut pada pengait, meskipun terbuat dari baja, tetap akan patah.

"Baut-baut ini semua terbuat dari baja, tapi memang tidak akan kuat jika getarannya cukup besar. Lihat saja, beberapa ruas busway di Cipinang, jalannya rusak," katanya.

Hal tersebut, lanjutnya, bisa dibandingkan dengan rangkaian kereta. Dimana, pengait antar gerbong, cukup kuat. "Coba lihat saja kereta api, meskipun baut-baut mengaitkan banyak gerbong tapi tetap kuat. Karena rel kereta sendiri, tidak bergelombang, tapi rata. Jadi pengaitnya tetap kuat," katanya.

Sumber : Tribunnews.com
Powered by Blogger.