Ini Dia Pertanyaan untuk Merangsang Kreativitas Anak

Sponsored Ad
Kreativitas Anak
Ilustrasi
Ngeblognews.com,Ini Dia Pertanyaan untuk Merangsang Kreativitas Anak - Pasti senang rasanya melihat anak-anak tumbuh dan berkembang menjadi anak yang kreatif karena kreativitas merupakan salah satu modal kesuksesan anak di masa depan. Meski pada dasarnya mereka sudah memiliki bibit kreativitas, namun mereka tetap membutuhkan orangtua untuk membimbing dan mengarahkan kreativitasnya.

"Kreativitas mereka tak akan bisa berkembang kalau Anda sebagai orangtua tidak mengarahkan mereka dengan tepat. Dan cara yang paling mudah untuk mempupuk kreativitas anak adalah dengan memancing beragam pertanyaan kepadanya," ungkap psikolog, Vera Itabiliana, Psi dalam acara talkshow di ajang Nova Ladies Fair, di Jakarta beberapa waktu lalu.

Hanya saja pertanyaan seperti apa yang bisa membantu mengembangkan kreativitas Anak? "Yang pasti anak harus diberikan bertanyaan yang divergen (pertanyaan yang punya jawaban yang banyak) dan konvergen (pertanyaan dengan jawaban mutlak). Pertanyaan ini akan merangsang otak mereka untuk berpikir," sarannya.

1. Pertanyaan terbuka
Berilah anak pertanyaan terbuka, artinya pertanyaan ini bisa memiliki jawaban yang beragam. "Pertanyaan terbuka misalnya, "Gimana tadi teman-teman di sekolah?" Pertanyaan ini akan membuat anak bercerita tentang semua teman-temannya dan kejadian seru di sekolahnya," katanya. Hindari menanyakan pertanyaan tertutup, misalnya, "Kamu ada PR?", "Kamu sudah makan?"

2. Pertanyaan tentang perubahan
Anda juga disarankan untuk memberi pertanyaan tentang perubahan. Pertanyaan ini bisa berupa pertanyaan tentang perubahaan yang ada di sekitar lingkungan, atau perubahan wujud sebuah benda.

3. Pertanyaan yang berandai-andai
Anda pasti tahu kalau imajinasi akan membuat anak jadi kreatif. Beri pertanyaan kepada mereka namun yang mengharuskan mereka berpikir tentang masa depan atau menantang imajinasinya. Seperti "Kalau sudah besar mau jadi apa?", "Hari Minggu besok, kamu mau makan apa?", atau "Kalau punya binatang peliharaan, mau binatang apa?"

4. Pertanyaan tentang kegunaan suatu benda
Benda-benda di sekitar juga bisa jadi alat belajar yang efektif untuk anak. Tanyakan kepada mereka apa kegunaan beragam alat yang ada di dekatnya, misalnya radio, pulpen, kertas, kompor dan lainnya.

Sumber : female.kompas.com
Powered by Blogger.