Tidur Siang Dapat Tingkatkan Kemampuan Belajar Anak

Sponsored Ad

NGEBLOG NEWS,Tidur Siang Dapat Tingkatkan Kemampuan Belajar Anak - Tidur siang diyakini membantu anak pra-sekolah meningkatan efisiensi kemampuan belajar mereka.

Beberapa peneliti dari University of Massachusetts Amherst mengatakan, sedikit yang diketahui mengenai nilai tidur siang buat anak kecil dan sebagian program pra-sekolah telah mulai menghapuskan tidur siang guna meningkatan waktu belajar. Dengan latar-belakang tersebut, para peneliti itu merekrut 40 anak pra-sekolah dan memberi mereka tugas visual-spasial. Dalam proses tersebut, anak-anak diminta melihat kisi-kisi gambar dan harus mengingat di mana gambar yang berbeda berada di kisi-kisi tersebut.

Anak-anak mempelajari tugas itu pada pagi hari, dan melakukan tes ingatan segera sesudahnya lalu sekali lagi pada sore hari, dengan atau tanpa tidur siang. Meskipun anak-anak tersebut melakukan kegiatan pada tingkat yang sama, mereka yang tidur siang memperlihatkan hasil yang jauh lebih baik pada sore hari dan pada hari berikutnya dibandingkan dengan mereka yang tidak tidur siang, kata para peneliti itu di jurnal Proceedings of the National Academy of Sciences.

"Itu berarti ketika mereka tidak tidur siang, anak-anak tak bisa menemukan manfaat tidur siang melalui tidur malam mereka," tulis para peneliti tersebut di dalam laporan mereka, sebagaimana dikutip Xinhua.

Untuk meneliti dampak tahap tidur dan apakah ingatan secara aktif berproses selama tidur siang, para peneliti tersebut merekrut sebanyak 14 lagi anak pra-sekolah yang datang ke laboratorium tidur dan menjalani polysomnography, catatan perubahan biofisiologi, selama rata-rata tidur siang selama 73 menit.

Para peneliti itu menyatakan hubungan antara kepadatan kumparan tidur siang yang secara aktif berkaitan dengan informasi baru yang terpadu, dan manfaat tidur bagi ingatan selama tidur siang.

"Pada dasarnya, kami adalah yang pertama melaporkan bukti bahwa tidur siang penting buat anak-anak pra-sekolah," kata pemimpin penulis studi tersebut Rebecca Spencer, ahli ilmu jiwa penelitian di universitas itu, di dalam satu pernyataan. "Studi kami memperlihatkan tidur siang membantu anak-anak mengingat secara lebih baik apa yang mereka pelajari."

Para peneliti tersebut mendesak pengelola pra-sekolah agar mengembangkan panduan tidur siang dan dilakukannya penelitian lebih lanjut mengenai cara melindungi dan mendorong waktu tidur siang buat anak kecil guna meningkatkan kemampuan belajar mereka.

Sumber : Antara/Xinhua
Powered by Blogger.