Wow, Ada 312 Titik Api di Riau


NGEBLOG NEWS,Wow,Ada 312 Titik Api di Riau - Kebakaran lahan dan hutan lagi-lagi terjadi Riau. Saat ini, terdapat 312 titik api dan mata angin dua hari ke depan mengarah ke Malaysia dan Singapura.

Berdasarkan pantauan satelit NOAA titik api tersebar di sejumlah kabupaten. Daerah paling luas kebakaran kali ini di Kabupaten Pelalawan, yakni sebanyak 123 titik api. Disusul Kabupaten Kampar dengan 52 titik api. Sebaran kecil lainnya ada di Kabupaten Bengkali, Siak, dan Inhu.

"Kabut asap membuat jarak pandang terbatas. Untuk Kabupaten Pelalawan tadi pagi jarak pandang pada pukul 7 hanya 200 meter. Sedangkan di Pekanbaru hanya 800 meter," kata staf Badan Meteorologi Klimatologi Geofisika Pekanbaru, Sanya G,Rabu (28/8/2013).

Dia menjelaskan, untuk 2 hari ke depan, arah angin diperkirakan bergerak ke timur laut atau ke arah Malaysia dan Singapura.

Kondisi kebakaran lahan merupakan imbas dari pembukaan lahan di Riau. Di mana saat musim kemarau tradisi masyarakat membuka lahan dengan cara dibakar masih terus terjadi.

Pembakaran lahan dianggap lebih efektif dan tidak mengeluarkan biaya tinggi. Pembukaan lahan ini biasanya untuk perkebunan kelapa sawit.

Pada akhir Juli 2013, kabut asap akibat kebakaran hutan juga menghantui Riau. Pemerintah menetapkan status tanggap darurat, karena asap berdampak ke luar daerah. Bahkan ke luar negeri.
Powered by Blogger.