Lapas Tanjung Gusta Medan Rusuh 22 Tahanan Teroris Kabur

Sponsored Ad
Lapas Tanjung Gusta

NGEBLOG™ NEWS,Lapas Tanjung Gusta Medan Rusuh 22 Tahanan Teroris Kabur - Kerusuhan berujung kebakaran di Lapas Tanjung Gusta, Medan Kamis petang tadi, mengakibatkan sejumlah narapidana kabur. Menurut informasi yang beredar dari Kementerian Hukum dan HAM, kejadian itu terjadi karena air dan listrik mati mulai jam 05.00 WIB subuh, dan jam 17.30 WIB  sehingga para narapidana kesal dan bentrok dan mengakibatkan Lapas Tanjung Gusta kebakaran .

Setelah gesekan (bentrok) terjadi, beberapa napi membakar lapas dan merusaknya. Lalu sejumlah napi berhasil melarikan diri. Namun sampai sejauh ini, sambungnya, jumlah napi yang melarikan diri belum dapat dipastikan.

"Berapa napi yang lari harus dihitung ulang setelah kondisi lebih tertib, namun laporan awal yang kami terima sekitar 150-an orang," ujarnya.

Selain itu, Denny mengatakan Kementerian Hukum dan HAM telah berkoordinasi dengan pihak Kepolisian dan pemadam kebakaran, untuk berkonsentrasi mengembalikan keamanan dan memadamkan api yang masih membakar beberapa bagian Lapas.

Sebanyak 22 narapidana kasus teroris kabur dari tahanan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Tanjung Gusta, Medan, Kamis malam.

Jumlah tahanan di Lapas Tanjung Gusta saat ini 2.599 orang. "Diperkirakan sekitar 200 orang melarikan diri , termasuk kemungkinan tahanan teroris 22 orang Saat ini petugas polisi sedang melakukan pengejaran," kata Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karo Penmas) Mabes Polri, Brigjen Pol Boy Rafli Amar di Jakarta, Kamis malam.

Data dari kepolisian terkait tahanan napi teroris yang kabur dari lapas kelas I Tanjung Gusta, Medan yakni :

1. Pamriyanto alias Suryo Putra.
2. Zumirin alias Sobirin
3. Anton Sujarwo alias Supriyadi.
4. Marwan alias Nanong
5. Abdul Ghani Siregar
6. Pautan alias Robi
7. Fadli sadama
8. M. Chair
9. Agus Sunyoto
10. Jajah Miharja Fadila
11. Beben khairul rizal.
12. Nibras
13. Suriyadi
14. Hasbuddin
15. Munir alias Abu Rimba
16. Gema Awal Ramadhan.
17. Ismarwan
18. Muktar alias TGK Muktar
19.Andri Marlan.
20. Chairul Fuadi.
21. Muksin Kamal.
22. Khairul Gazali.

"Diantara mereka adalah pelaku aksi penyerangan dan perampokan CIMB Niaga, dan Polsek Hamparan Perak. Sedangkan Marwan adalah Toni Togar, pelaku bom Pekanbaru di lapas Siantar kongsi sama Fadli Sadama pelaku kasus narkoba, teroris dan perampokan," kata Boy.
Powered by Blogger.