Gempa 5,9 SR di Malang akibatkan Tujuh Rumah Rusak

Sponsored Ad
NGEBLOG™ NEWS,Gempa 5,9 SR di Malang akibatkan Tujuh Rumah Rusak - Gempa bumi berkekuatan 5,9 Skala Richter (SR) mengguncang kawasan tenggara Kabupaten Malang dan sekitarnya pukul 09.13 WIB, Senin (8/7). Laporan sementara tidak ada korban jiwa, tapi sedikitnya tujuh rumah warga rusak.

Sejauh ini petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan Palang Merah Indonesia (PMI) masih mengecek korban bencana, termasuk mendata kerusakan rumah warga dan fasilitas lainnya di 33 kecamatan.

Kepala BPBD Kabupaten Malang Hafi Lutfi kepada Media Indonesia mengatakan pusat gempa berkekuatan 5,9 SR tersebut di 9,16 lintang selatan dan 113 bujur timur, dengan kedalaman 10 kilometer (km) di Samudera Hindia atau 112 kilometer (km) tenggara Kabupaten Malang, 114 km barat daya Lumajang, 130 km barat daya Jember atau 202 km tenggara Surabaya.

"Koordinat gempa berada di antara Kecamatan Donomulyo dan Bantur, serta Kabupaten Blitar," tegasnya.

Kendati dipastikan tidak mengakibatkan tsunami, namun petugas BPBD sudah dikerahkan untuk mencari informasi dampak bencana.

"Laporan sementara ada empat rumah di Desa Sumberagung, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, rusak ringan gentengnya runtuh," katanya.

Pantauan Media Indonesia menyebutkan getaran gempa hingga dirasakan di Desa Bedaliagung, Kecamatan Lawang, Kabupaten Malang. Warga setempat sempat panik, dan bereaksi dengan keluar rumah guna menyelamatkan diri.

Menurut Wuwuk,32, mengatakan getaran memang dirasakan tidak lama, tapi terasa kuat karena pigora yang tertempel di tembok sempat bergoyang nyaris jatuh ke lantai.

"Saat merasakan gempa, saya langsung mengajak anak ke luar rumah. Tetangga lainnya juga panik berhamburan ke luar rumah sambil teriak untuk memberikan peringatan kepada warga lainnya," katanya.

Choirul Anam,49, warga Perumahan Kelurahan Bunul, Kota Malang, mengatakan juga merasakan getaran kuat gempa yang mengakibatkan warga panik. "Getaran gempa tidak lama, tapi sempat membuat kepala saya pusing," ujarnya.

Sedangkan dampak gempa juga dilaporkan sebanyak tiga rumah di Desa Gadungsari, Kepatihan dan Sukorejo, Kecamatan Ampelgading, Kabupaten Malang mengalami kerusakan ringan sampai dengan sedang.

Sekretaris PMI Kabupaten Malang Aprilianto mengatakan petugas sedang mengecek kebenaran laporan warga tersebut.

"Kami sekarang sedang menuju Desa Gadungsari, Kepatihan, dan Sukorejo untuk memastikan adanya laporan rumah rusak. Tapi, laporan ini baru sementara sehingga perlu pengecekan langsung di lapangan," tegasnya.

Selain mengecek di Ampelgading, petugas gabungan BPBD dan PMI juga disebar di Kecamatan Donomulyo, Bantur, Tirtoyudo dan Sumbermanjing Wetan. Sejumlah kecamatan itu merupakan kawasan pesisir laut selatan jalur gempa.

Via
Powered by Blogger.