5 Nutrisi yang Bikin Otak Sehat dan Cemerlang

Sponsored Ad

NGEBLOG™ NEWS,5 Nutrisi yang Bikin Otak Sehat dan Cemerlang - Ingin memiliki otak yang lebih cerdas, berpikir lebih cepat dan ingat di mana Anda meletakkan kunci? Ternyata beberapa makanan benar-benar dapat membantu meningkatkan kesehatan otak dan kognisi.

Tak hanya meningkatkan kemampuan otak, konsumsi nutrisi sehat ini juga menawarkan perlindungan otak jangka panjang. Berikut 5 nutrisi sehat yang bikin otak lebih cemerlang, seperti dilansir Onlymyhealth, Sabtu (29/6/2013):

1. Kenari
Kenari sangat kaya asam lemak omega-3, bahkan kandungannya tertinggi di antara makanan nabati lainnya. Omega-3 serta antioksidan lainnya dalam kenari, dapat mengurangi peradangan di otak dan bahkan dapat bertindak sebagai perlindungan terhadap demensia dan penyakit Alzheimer. Pertimbangkan untuk menambahkan 1 sampai 1,5 ons kenari untuk menu Anda setiap hari.

2. Ikan
Ikan air dalam seperti salmon adalah salah satu sumber alami terbaik dari asam lemak omega-3, yang benar-benar penting untuk fungsi otak yang baik. Omega-3 juga memiliki sifat anti-inflamasi, yang dapat membantu menjauh dari demensia dan bentuk-bentuk penurunan kognitif lainnya yang terkait dengan usia.

3. Buah berry
Buah berry dikemas dengan antioksidan yang dapat mengurangi stres pada otak. Sama seperti kenari, berry (terutama blueberry) bisa membantu menangkal penyakit Alzheimer dengan mengurangi stres oksidatif. Plus, penelitian pada tikus telah menemukan bahwa makan makanan yang kaya blueberry dapat membantu meningkatkan memori dan kognisi, membuat kekuatan otak menjadi lebih muda.

4. Bayam
Sayuran berdaun hijau seperti bayam bisa membantu memperlambat penurunan kognitif, menjaga otak tetap tajam selama mungkin. Hal ini disebabkan oleh folat tinggi (sejenis vitamin B) yang terkandung dalam bayam. Tentu saja, makan sayuran tidak pernah merupakan hal yang buruk, studi juga telah menemukan bahwa orang yang makan lebih banyak sayuran pada umumnya cenderung memiliki kemampuan otak yang lebih baik.

5. Wortel
Sayuran berwarna oranye ini mengandung senyawa yang disebut luteolin, yang menurut penelitian dapat mengurangi peradangan di otak. Para ilmuwan percaya bahwa dengan mengurangi peradangan, luteolin dapat membantu mengurangi penurunan memori yang berkaitan dengan usia. Paprika dan seledri juga kaya luteolin
Powered by Blogger.