4 Tips agar Anak Cepat Mencerna Pelajaran

author photo
ilustrasi

4 Tips agar Anak Cepat Mencerna Pelajaran - Dewasa ini banyak orangtua ingin anak-anak mereka mendapatkan nilai tinggi di sekolah, sehingga akhirnya menekan mereka untuk mencapai hal tersebut. Tetapi ketika anak-anak gagal untuk mendapatkan hasil akademik yang baik, mereka sering dihukum. Entah itu hukuman fisik ataupun psikis seperti memarahi dengan keras. Setiap anak memiliki kecepatan belajar yang berbeda, baik secara akademisi dan dalam kegiatan ekstra. Berikut adalah cara menghadapi anak yang lambat mencerna pelajaran, seperti dilansir Boldsky.

1. Makanan sehat dan tidur yang cukup
Sarapan sehat dan tidur yang cukup sangat penting untuk mendorong cara belajar yang lebih baik. Pastikan Anda juga mendukungnya dengan lingkungan rumah yang sehat karena dapat membantu anak belajar dengan nyaman. Anak sehat lebih bisa mencerna pelajaran dengan baik.

2. Membantu mengerjakan pekerjaan rumah
Membantu anak dalam mengerjakan pekerjaan rumah membuat ia lebih bersemangat untuk belajar. Tidak hanya itu. Orang tua juga bisa membantu anak mengingat apa yang telah ia pelajari di sekolah. Ada anak yang malu untuk bertanya ketika ia tidak mengerti pelajaran di kelas. Dengan membantu mereka mengerjakan PR, orang tua dapat menjelaskan kembali apa yang tidak dimengerti anak.

3. Terlibat dalam kegiatan yang menyenangkan
Tinggalkan anak-anak Anda untuk melibatkan diri dalam kegiatan yang menyenangkan antara studi atau pekerjaan rumah. Pastikan bahwa Anda meninggalkan mereka dengan kegiatan yang menarik bagi mereka baik itu membuat sketsa atau bermain video game. Kegiatan semacam ini membuat mereka merasa lebih fresh dan mereka akan segera kembali ke kegiatan akademis mereka.

4. Revisi
Sebelum tidur, pastikan Anda memberikan revisi yang tepat untuk anak-anak Anda dengan mengajukan pertanyaan atau membuatnya menyenangkan melalui kuis atau kompetisi sederhana. Jika anak gagal untuk menjawabnya, jelaskan kembali konsep tersebut secara perlahan-lahan dan dengan nada sedikit keras sehingga mereka dapat memahami. Ingat, nada keras bukan berarti Anda harus marah.

Ini adalah beberapa tips yang mungkin bisa membantu para orang tua untuk menghadapi anak mereka yang tergolong pembelajar lambat. Kesabaran menjadi kuncinya!
Next article Next Post
Previous article Previous Post