4 Hal yang harus dipertimbangkan untuk Menjadi Vegetarian

Sponsored Ad
ilustrasi

4 Hal yang harus dipertimbangkan untuk Menjadi Vegetarian - Menjadi vegetarian bisa jadi keputusan besar yang diambil seseorang terkait dengan kebiasaan makannya. Beberapa orang yang menjadi vegetarian mengalami kesulitan beradaptasi dan merasa selalu lapar. Apakah menjadi vegetarian adalah keputusan yang tepat untuk Anda?

Sebelum memutuskan menjadi vegetarian,a da baiknya Anda mempertimbangkan beberapa fakta terkait kebiasaan ini. Penelitian menunjukkan bahwa menjadi vegetarian bisa menurunkan risiko penyakit jantung, serta memberikan banyak manfaat karena Anda mengonsumsi sayuran dan buah dengan teratur dan lebih sering. Selain itu, tidak mengonsumsi daging juga bisa menguntungkan secara finansial.

"Dalam hal kesehatan, menjadi vegetarian bisa jadi pilihan yang sangat sehat," ungkap Lisa Young, ahli nutrisi di New York University. "Daging dan keju biasanya tinggi lemak jenuh, dan menghilangkannya dari daftar makanan bisa jadi hal yang sangat bagus untuk kesehatan jantung.

Untuk memenuhi kebutuhan protein yang biasa diberikan oleh daging pada non-vegetarian, para vegetarian bisa mengonsumsi makanan yang mengandung kedelai seperti tahu, tempe, biji-bijian dan kacang-kacang lain, serta sayuran berdaun hijau seperti bayam atau kale.

Meski begitu, Young mengingatkan bahwa menjadi vegetarian bukan langkah tepat jika yang diinginkan adalah menurunkan berat badan. Menjadi vegetarian tak ada hubungannya dengan menurunkan berat badan. beberapa vegetarian justru mengalami kenaikan berat badan setelah memutuskan meninggalkan daging.
Young memberikan beberapa hal yang harus dipertimbangkan sebelum Andamemutuskan untuk menjadi vegetarian, seperti dilansir oleh NY Daily News, berikut ini:

1. Merencanakan segalanya
Sebelum menjadi vegetarian, pikirkan makanan pengganti daging yang akan memenuhi nutrisi harian. Anda bisa mendatangi ahli nutrisi untuk berkonsultasi mengenai nutrisi yang Anda butuhkan. Berbicara dengan ahli nutrisi penting jika Anda memiliki penyakit anemia atau kekurangan zat besi. Begitu juga dengan vegetarian yang sedang hamil.

2. Jangan takut mencoba
Menjadi vegetarian berarti Anda harus bersahabat dengan banyak jenis sayuran. Jadi, jangan takut mencoba mengonsumsi jenis sayuran baru yang belum pernah Anda makan sebelumnya. Begitu juga dengan buah-buahan. Hal ini akan menghindarkan Anda dari rasa bosan karena tak bisa makan daging.

3. Mulai perlahan
Cobalah tidak makan gading selama satu atau dua hari dalam seminggu, kemudian perhatikan keadaan Anda. Jika Anda merasa lebih sehat atau lebih baik, Anda bisa meneruskannya. Namun ika Anda merasa tak tahan karena tak bisa makan daging, sebaiknya pikirkan lagi keputusan Anda untuk jadi vegetarian.

4. Jangan bergantung pada makanan kemasan
Saat ini banyak makanan kemasan yang bebas daging. Namun bukan berarti makanan itu bisa Anda konsumsi dengan bebas. Banyak makanan kemasan bebas daging yang tidak sehat karena kandungan garam dan gula di dalamnya. Jadi lebih baik cek label nutrisi makanan sebelum mengonsumsinya. Lebih aman lagi jika Anda tetap mengonsumsi makanan dan sayuran segar.

Itulah beberapa hal yang harus Anda pertimbangkan terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk menjadi vegetarian.

Via : NY Daily News
Powered by Blogger.