Zynga Dituding Meniru Game The Sim Social

Sponsored Ad

Perusahaan penerbit video game Electronic Arts (EA) menggugat Zynga di Pengadilan Distrik Utara California, AS. EA menuding game The Ville buatan Zynga, mencontek elemen utama The Sims Social.

Dalam gugatannya, EA mengatakan The Ville meniru dan menyalahgunakan elemen ekspresif yang orisinil dan khas dari The Sims Social.

"Pilihan desain Zynga, animasi, pengaturan visual, gerakan dan tindakan karakternya, secara langsung meniru The Sims Social," kata Lucy Bradshaw, Head of EA's Maxis Label dalam sebuah pernyataan.

Ia juga menyebut, penyalinan yang dilakukan Zynga sangat menyeluruh. Orang awam pun bisa membedakannya.

Game The Sims Social memungkinkan pemain menciptakan karakter masing-masing, melakukan penyesuaian dan berinteraksi di sebuah kota fiksi. Game ini dirilis pada Agustus 2011 lalu.

Sedangkan Zynga, baru merilis The Ville untuk jejaring sosial Facebook pada Juni lalu. Game ini juga memungkinkan pemain memodifikasi kostum avatar-nya, membangun rumah dan berinteraksi.

Penasehat Umum Zynga Reggie Davis, menyayangkan langkah yang ditempuh EA terhadap game The Ville. "Ini jelas menunjukkan kurangnya pemahaman tentang prinsip-prinsip hak cipta," tegas Davis.

EA menuding Zynga telah memperoleh informasi rahasia tentang The Sims Social, setelah Zynga merekrut tiga karyawan penting EA.

Pihak EA menduga, sejak awal 2012 Zynga sudah mengincar tiga eksekutif puncak yang mengetahui seluk-beluk The Sims Social, seperti desain, pengembangan dan informasi strategis lainnya.

Pada 2011, Zynga membajak chief operating officer EA John Schappert. Kala itu EA sedang melakukan pengembangan tahap akhir dan bersiap meluncurkan The Sims Social. Selain John Schappert, Zynga juga membajak Jeff Karp dan Barry Cottle.

Keduanya kini menjabat sebagai eksekutif pemasaran dan pengembangan bisnis di Zynga.

Sumber
Powered by Blogger.