Pedrosa Raih Kemenangan Keduanya

author photo
Dani Pedrosa
Dani Pedrosa sukses memenangi balapan keduanya musim ini di seri Indianapolis. Hasil itu membuatnya menempel ketat Jorge Lorenzo di papan klasemen rider MotoGP musim 2012.

Dalam balapan seri ke-11 yang dihelat di sirkuit Indianapolis, Senin (20/8) malam WIB, Pedrosa sukses menyentuh garis finis pertama dengan waktu 46 menit 39,631 detik atau unggul 10,823 detik dari Lorenzo.

Kemenangan kedua setelah sebelumnya di MotoGP Jerman membuat Pedrosa kini mengoleksi 207 poin atau selisih 18 poin dari Lorenzo (225 poin) yang ada di puncak klasemen.

MotoGP musim ini masih menyisakan tujuh seri lagi dan peluang Pedrosa meraih titel juara dunia pertamanya masih terbuka lebar. Sementara itu Casey Stoner yang finis di posisi ke-4 kini punya 186 poin dan tertinggal 39 poin.

Seri ke-12 akan digelar di Brno, Republik Ceko pada 26 Agustus mendatang.

Jalannya balapan

Balapan dimulai dan start yang brilian dari Ben Spies yang langsung menyalip Dani Pedrosa untuk berada di posisi terdepan. Andrea Dovizioso di posisi ketiga dan diikuti Jorge Lorenzo serta Stefan Bradl.

Casey Stoner yang turun membalap dengan kondisi kaki kanan cedera turun ke posisi ke-7 di belakang Alvaro Bautista.

Dua lap terlewati Spies masih memimpin di depan namun Pedrosa terus saja menekannya dan menambah kecepatan motor hingga hanya selisih 0,5 detik. Lorenzo masih setia menguntit di posisi ketiga usai menyalip Dovizioso di lap ke-2.

Di lap ke-4 Spies dan Pedrosa saling melakukan overtake di mana Pedrosa sempat berada di depan sebelum Spies kembali menyusul rider asal Spanyol itu di tikungan. Duel seru antara Spies dan Pedrosa.

Satu lap kemudian Pedrosa berhasil mendahului Spies dan nasib sial menaungi pebalap tuan rumah itu di lap ke-6 ketika harus mengakhiri balapan lebih cepat karena masalah pada motornya yang mengeluarkan asap.

Kini di lap ke-7 duel antara dua rider Spanyol terjadi dengan Pedrosa berada di depan diikuti oleh Lorenzo. Dovizioso, Bradl dan Stoner di urutan ke-3 hingga ke-5.

Sembilan lap berlalu Pedrosa kembali menjauhkan jarak dengan Lorenzo di posisi kedua dengan selisih 2,510 detik. Dovi, Bradl dan Stoner bertarung memperebutkan posisi ketiga.

Di lap 10 Stoner berhasil menyalip Dovizioso di trek lurus untuk berada di posisi ketiga. Usaha brilian dari Stoner yang sedang diganggu cedera engkel kanannya.

Beberapa lap selanjutnya Pedrosa dan Lorenzo masih berada di posisi terdepan sementara Stoner terlibat duel seru dengan Dovizioso untuk memperebutkan podium ketiga.

Di lap ke-22 akhirnya Dovizioso mampu menyalip Stoner untuk kembali ke posisi ketiga, setelah pebalap Australia itu terlalu melebar saat menikung.

Pedrosa sepertinya tak tertahankan untuk merebut kemenangan di Indianapolis ini setelah memimpin atas Lorenzo dengan jarak 7,5 detik! Dan akhirnya ia jadi pebalap pertama yang menyentuh garis finis diikuti Lorenzo di urutan kedua.

Dovizioso berhasil mempertahankan podium ketiganya dan salut untuk Stoner yang berhasil finis di urutan ke-4 meskipun dalam kondisi tidak fit akibat cedera.
Next article Next Post
Previous article Previous Post