Cheetah Tercepat Lari 100 Meter dalam 6 Detik

author photo
cheetah tercepat mampu menempuh jarak 100 meter dalam 6 detik


Cheetah betina berusia 11 tahun dari Kebun Binatang Cincinati, Ohio, AS, bernama Sarah dinobatkan menjadi cheetah tercepat. Bayangkan, hewan ini bisa berlari dengan parak 100 meter hanya dalam 5,95 detik!

Dibandingkan dengan cheetah tersebut, kemampuan manusia sangat jauh. Pelari tercepat saat ini asal Jamaica, Usain Bolt, yang berkompetisi di Olimpiade London, misalnya, hanya mampu menempuh jarak 100 meter dalam 9,58 detik.

Cheetah memang ditakdirkan berlari lebih cepat dari manusia. Pada rekaman dokumentasi majalah National Geographic, Sarah mampu berlari dengan kecepatan 98 km/jam berdasarkan hasil pengukuran saat lari di Road Running Technical Council of USA Track & Field. Cheetah rata-rata berlari dengan kecepatan 96,5 km/jam.

Rekor lari tercepat Sarah ini mengalahkan rekornya sendiri sebelumnya. tahun 2009, sarah bisa berlari 100 meter dalam 6,13 detik. Rekor sebelumnya lagi adalah cheetah jantan Afrika Selatan bernama Nyana, berlari 100 meter dalam 6,19 detik.

Sarah kini menjadi bagian dari Cat Ambassador Program. Lari cepatnya didokumentasikan dalam upaya mendukung progran konservasi kucing besar, Big Cat Inisiative.

Rahasia kecepatan gerak cheetah ialah pada tulang belakang yang fleksibel, mampu membuat cheetah menempuh 6,7 meter dalam setiap langkah. Cheetah juga selalu mempercepat gerakannya saat lari.

Cheetah merupakan salah satu hewan yang terancam. Sampai saat ini, hanya 9.000-12.000 cheetah yang hidup di alam liar.
Next article Next Post
Previous article Previous Post