Software Alternatif untuk Photographer adalah Software GIMP

author photo
Seorang Photographer digital baik yang profesional ataupun pemula, tidak akan bisa terlepas dari software digital imaging. Software tersebut biasanya dipergunakan untuk retouch (memperbaiki) ataupun memanipulasi foto agar sesuai dengan kebutuhan kita sebelum dicetak atau ditampilkan di internet atau digital album.

Software yang paling populer adalah Photoshop. Tetapi pada artikel ini kita akan membahas software alternatif yang bisa bekerja mirip seperti Photoshop, software tersebut adalah GIMP. Ini adalah software opensource yang gratis bisa didownload oleh siapa saja lewat http://www.gimp.org.

GIMP adalah software yang cukup canggih untuk sebuah program gratis, beberapa fitur yang ada pada Photoshop bisa kita dapatkan disini. Namun, GIMP tidak bisa mereplace 100% pekerjaan Photoshop, karena perkembangan versi Photoshop yang terbaru memberikan fitur tambahan untuk memudahkan kita dalam melalukan editin photo. Ini sesuai dengan harga yang berkisar U$600 untuk 1 lisensi Photoshop. Bagi kalangan bisnis, nilai akan ini sebanding dengan fitur yang didapatkan. Namun, bagi photographer nonprofit, mungkin menggunakan GIMP sudah cukup untuk keperluan standart.

Kalau di Photoshop kita mengenal yang dinamakan plugin, di GIMP juga ada filter dan script yang fungsinya sama seperti plugin pada Photoshop. Saat ini sudah banyak orang yang share plugin untuk GIMP secara gratis di internet. GIMP dapat dijalankan di Linux, Microsoft Windows, dan Mac secara gratis. Banyak juga komunitas GIMP di internet membuat kita semakin terbantu jika menemukan masalah pada saat menggunakan software ini, dan update dari website resminya keluar kira-kira setiap 3 bulan-an untuk versi yang lebih baru atau fasilitas yang semakin baik.

Seperti disebutkan diatas, GIMP memiliki keterbatasan-keterbatasan jika dibandingkan dengan Photoshop, terutama tidak adanya CMYK dan fitur canggih lainnya, tetapi software ini layak dicoba untuk manipulasi photo dalam mode RGB untuk keperluan cetak photo sehari-hari, lagipula, software ini gratis.
Next article Next Post
Previous article Previous Post